Aturan Perilaku

Versi 2012

1.Prinsip  Menjalankan Usaha

Dalam rangka memastikan keuntungan maksimal bagi para pemegang saham, Direksi ITM   telah menerapkan kebijakan yang memberikan kesetaraan dan kesamaan pentingnya dalam  mencapai sasaran dan cara mencapai sasaran tersebut.

Olah karena itu  Direksi menetapkan sasaran dan cara  untuk mencapai keberhasilan tersebut  sebagaimana yang dijelaskan  dalam visi, misi, nilai-nilai, prinsip-prinsip,   kebijakan   tata-kelola   perusahaan serta pedoman etika  berusaha  dan  praktek  dari  Aturan Perilaku   ini.   Tujuannya   memberitahukan setiap Personil ITM mengenai standar etika  yang diharapkan oleh Perusahaan pada saat berinteraksi dengan para karyawan, pemegang saham, pelanggan, pemasok, masyarakat pada umumnya  dan para pesaing.

1.1.Visi dan Misi ITM

Visi

Menyediakan produk energi dan jasa yang berkualitas dan terjangkau secara berkelanjutan.

Misi

1.2.Keyakinan dan Nilai

Keyakinan

Kami berkeinginan mencapai keunggulan operasional melalui:

Nilai Nilai

Kami    memelihara    nilai-nilai    berikut    ini sedemikian   rupa   agar   Personil   ITM   merasa bangga menjadi bagian dari Perusahaan sehingga  pihak luar dapat mengenali  nilai-nilai tersebut sebagai karakter  Personil ITM.

Inovasi

berpikir kreatif
bertindak  cerdas
berani memulai
berani dan siap menerima tantangan
bersikap pro-aktif
lugas dan cakap dalam berbagai hal
mudah beradaptasi dan ulet
terus berkembang

Integritas

jujur
beretika
dapat diandalkan
disiplin
tekun
berkomitmen
transparan

Kepedulian

bersikap terbuka dan tulus
dapat menerima dan mengakomodasikan
menghargai orang lain
saling menghormati
ramah dan  santun
baik dan murah hati

Sinergi

bekerjasama
berkeadilan
kerja dalam kelompok
membangun jejaring
saling mendukung dan berbagi

1.3.Tanggung jawab terhadap Pemegang Saham

Adalah   kebijakan   ITM   untuk   menjalankan usaha secara berintegritas, jujur dan beretika. Kami  berusaha  melakukan  yang  terbaik    untuk mengembangkan   bisnis   seraya   menciptakan imbal hasil investasi yang bernilai bagi  pemegang saham secara  berkelanjutan dan langgeng dan pemegang  saham  juga  diperlakukan  dengan kesetaraan.

1.4. Kepatuhan   terhadap   Undang-Undang   dan Peraturan serta Ketentuan terkait

ITM  berkomitmen  untuk  mematuhi  peraturan perundangan   dan   ketentuan-ketentuan   yang berlaku  serta  menetapkan  kebijakan  berikut ini:

  1. Kami    harus    mematuhi    perundang-undangan,   peraturan   dan   ketentuan setempat  dan  juga  menghormati  adat kebiasaan  yang  ada  di  wilayah  tempat ITM beroperasi.
  2. Kami harus mematuhi perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Regulator.
  3. Kami harus mematuhi peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh Perusahaan.
  4. Kami tidak  diperkenankan membantu, mendukung  atau berkonspirasi  untuk menghindar dari kepatuhan terhadap hukum dan peraturan.
  5. Kami wajib  bekerjasama  dengan  badan pengawas/pengatur dan melaporkan setiap informasi pelanggaran terhadap atau tidak dipatuhinya peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.   Benturan Kepentingan  dan  Menjaga  kerahasiaan Informasi

2.1. Benturan Kepentingan

Perusahaan menetapkan suatu kebijakan penting bahwa Kami seharusnya tidak mengambil keuntungan dari hubungan Kami dengan Perusahaan untuk  tujuan  keuntungan  pribadi. Dengan    demikian,    ditetapkanlah    pedoman berikut ini:

  1. Hindari transaksi pribadi apapun yang dapat    menimbulkan    benturan kepentingan dengan Perusahaan.
  2. Apabila dipandang perlu untuk melakukan transaksi   demikian   demi   kepentingan ITM,   maka   transaksi   tersebut   harus diperlakukan    sebagaimana    transaksi  yang   dilakukan   dengan   pihak   ketiga lainnya. Akan tetapi,  transaksi tersebut harus  dipaparkan  secara  terbuka  dan disetujui  oleh  pihak  yang  berwenang  di  ITM   sebelumnya.   Selanjutnya,   setiap Personil  ITM  yang  memiliki  kepentingan di  dalam  transaksi  semacam  itu,    tidak diperkenankan    terlibat  dalam  proses persetujuannya.
  3. Apabila suatu transaksi dianggap sebagai transaksi afiliasi, transaksi tertentu dengan    benturan kepentingan, dan transaksi material maka ITM wajib mematuhi peraturan Pasar Modal.
  4. Apabila ada di antara Kami atau anggota keluarga   yang   terlibat   dalam   atau menjadi  pemegang  saham  dalam  suatu usaha  yang  secara  langsung  menyaingi ITM  atau  usaha  lain yang kemungkinan dapat menyebabkan timbulnya benturan kepentingan  dengan  ITM,  maka Kami harus segera memberitahukannya kepada Presiden  Direktur  Perusahaan  secara tertulis.
  5. Apabila  di antara Kami ada yang menjadi direktur,  mitra  usaha,  penasehat  atau peserta dalam kapasitas atau kedudukan apapun di perusahaan lain, maka jabatan tersebut     tidak     boleh     berbenturan kepentingan   dengan   usaha   ITM   atau dengan  tanggung  jawab  langsung  orang tersebut di Perusahaan

2.2.Pemanfaatan Informasi Perusahaan

Merupakan tanggung jawab Kami untuk menjaga Informasi Perusahaan yang  rahasia,  terutama informasi internal yang belum dipublikasikan ke publik atau data atau informasi apapun yang  dapat  mempengaruhi  bisnis  Perusahaan atau  harga  sahamnya.  Pedoman  mengenai  hal tersebut  telah ditetapkan sebagai berikut:

  1. Kami tidak akan memanfaatkan Informasi Perusahaan yang Kami terima karena    kedudukan Kami di ITM untuk kepentingan pribadi atau melakukan usaha dan kegiatan lain  yang  dapat menyaingi ITM.
  2. Kami yang memiliki Informasi Perusahaan yang   tidak   atau   belum   diungkapkan kepada  publik  dan  yang  mungkin  dapat mempengaruhi harga saham ITM (“Inside Information”    atau Informasi Orang Dalam) dilarang untuk memperdagangkan atau melakukan  transaksi  apapun atas saham perusahaan (“Insider Trading” atau “Perdagangan yang    dilakukan Orang  Dalam”). Informasi Orang Dalam juga dilarang untuk diberikan kepada pihak   ketiga dengan tujuan supaya mereka dapat memperdagangkan saham Perusahaan.
  3. Informasi Rahasia tidak boleh diungkapkan kepada pihak ketiga manapun terutama kepada pesaing,  sekalipun Kami telah meninggalkan perusahaan atau tidak bekerja lagi di ITM.
  4. Kami  tidak  akan  mencari  keuntungan untuk  kepentingan  pribadi  dan  pihak lain dengan  memanfaatkan    Informasi Perusahaan yang bukan merupakan ranah publik atau bertindak   dengan cara yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dengan ITM.

3.   Tanggung  jawab  terhadap  Perusahaan,  Kekayaan dan Asetnya.

3.1. Perlindungan  atas Kekayaan dan Aset Perusahaan

Kami harus efisien dan bertanggungjawab dalam menggunakan sumber daya dan aset Perusahaan serta  peduli  terhadap  kepentingan  perusahaan guna    meningkatkan    daya    saing    korporasi dan   memberikan   pelayanan   terbaik   kepada  pelanggan sesuai dengan  pedoman berikut  ini:

  1. Kami wajib menggunakan sumber daya dan aset perusahaan dengan biaya yang efisien untuk mencapai manfaat optimal.
  2. Kami wajib berpartisipasi dalam melindungi kekayaan dan aset Perusahaan dari depre-siasi atau kerugian yang tidak seharusnya.

3.2. Dokumentasi

  1. Kami  wajib  menyiapkan  dokumen dengan kejujuran dan kehati-hatian, serta memenuhi standar yang telah ditetapkan.
  2. Kami  tidak  akan  menggandakan  secara tidak sah atau memalsukan surat, laporan atau dokumen  Perusahaan.

3.3. Penggunaan Komputer dan Teknologi Informasi (TI)

  1. Kami wajib mematuhi dan menyadari adanya Undang-Undang, termasuk Undang-Undang mengenai Teknologi Informasi dan Transaksi  Elektronik,  kebijakan,  proseduryang  berlaku  untuk  jaringan  dan  sistem informasi  pada  saat  menggunakan  sumber daya teknologi informasi.
  2. Semua komputer, sarana teknologi informasi dan  informasi  maupun  data  yang  terkait dengan  operasi  adalah    milik  Perusahaan. Kami  tidak  akan  menggunakan  komputer dan sarana teknologi informasi lainnya yang dimiliki   Perusahaan   untuk   kepentingan pribadi.
  3. Kami tidak boleh mengungkapkan identitas pemakai atau kata sandi untuk mengakses sistem informasi Perusahaan.
  4. Kami tidak  boleh  mengungkapkan  setiap informasi atau data dalam sistem informasi Perusahaan  kepada  pihak  lainnya  tanpa otorisasi   atau   persetujuan   dari   yang berwenang di dalam Perusahaan.
  5. Personil  ITM  dilarang  merubah,  menyalin, menghapus atau menghancurkan informasi atau data Perusahaan tanpa otorisasi atau persetujuan dari yang berwenang.
  6. Personil ITM dilarang menggunakan piranti lunak, konten,  perangkat keras tidak asli dengan  alasan  apapun  dan  penggunaan material  yang  dilindungi  oleh  hak  cipta tanpa  izin dari pemilik hak cipta.
  7. Personil ITM dilarang merubah  pemasangan standar  atas  peralatan  dan  perlengkapan komputer  ataupun menambahkan aksesori lainnya  pada    perlengkapan  standar  yang  disediakan Perusahaan.
  8. Personil     ITM     dilarang     menggunakan sistem surat elektronik  Perusahaan untuk mengirimkan pesan yang berisi penghinaan, penyerangan,  pornografi,  penyalahgunaan atau   pesan   dan   gambar-gambar   yang menganggu.
  9. Personil ITM dilarang menggunakan internet untuk  maksud  lain  kecuali  untuk  mencari informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka dan juga dilarang untuk mangakses situs internet yang tidak sah   atau   tidak   bermoral   sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Kebijakan TI Perusahaan.

3.4. Anti-Suap dan Korupsi

Kami berkomitmen untuk melakukan bisnis secara jujur  dan  beretika  dan  tidak  akan  mentolerir tindakan  korupsi  dan  suap,  selanjutnya  diatur sebagai berikut:

(1)    Memberi dan Menerima Suap

a. Kami tidak akan meminta atau menerima atau memberikan manfaat apapun yang dapat dianggap sebagai suap dari mitra usaha, kontraktor, pemasok, penasehat, konsultan, auditor atau mereka dengan siapa  ITM  melakukan  bisnis,  termasuk para pesaing.

b. Kami   dilarang   menawarkan   manfaat kepada pejabat pemerintah, pelanggan, serikat  pekerja  atau  pihak  eksternal lainnya dalam upaya membujuk mereka melakukan suatu tindakan penipuan.

c. Kami  tidak  akan  menerima  tawaran atau  pembayaran  yang  bersifat  suap, kecurangan,  pemberian  hadiah  untuk memenangkan  atau  mempertahankan bisnis  atau  mempengaruhi  keputusan bisnis apapun.

(2) Hadiah, Tanda Balas Jasa dan Jamuan

a. Kami    menjalankan    bisnis    dengan integritas.    Kami    tidak    menerima ataupun memberikan hadiah atau tanda balas jasa atau jamuan berlebihan  dari atau kepada pihak manapun.

b.Hadiah  yang  diberikan  atau  diterima pada  hari  hari  raya  tidak  termasuk asalkan  hadiah  tersebut  masih  bernilai  pantas dan tidak terkait dengan komitmen bisnis  apapun.

3.5. Pelaksanaan Hak Berpolitik

Personil    ITM dilarang    menggunakan    aset Perusahaan untuk mendukung partai politik apapun atau kelompok perpolitikan. Perusahaan mengakui  dan  menghargai  Personil  ITM  untuk melaksanakan  haknya  sebagai  warga  negara yang  bertanggung  jawab,  namun,  Personil  ITM dilarang  berpartisipasi  dalam  kegiatan  yang dapat  mengarah  ke  suatu  pemahaman  bahwa ITM  terlibat  dalam  atau  memberi  dukungan terhadap  suatu  partai  politik  atau  kelompok politik. Pedomannya adalah sebagai berikut:

  1. Personil   ITM   wajib   melaksanakan   hak-haknya sebagai warga negara yang  baik sebagaimana     ditetapkan     berdasarkan Undang-Undang    Dasar    dan    peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.
  2. Personil    ITM    mempunyai    hak    untuk berpartisipasi    dalam    kegiatan    politik untuk kepentingan mereka sendiri di luar jam kerja dan tidak mengatasnamakan Perusahaan.

 

4.  Praktek terhadap Pemangku Kepentingan

4.1. Kebijakan  dan  Praktek  terhadap    Pemegang Saham

  1. Pemegang saham adalah pemilik bisnis dan ITM berkewajiban  untuk  menciptakan  nilai  jangka panjang   yang   berkesinambungan   bagi   para pemegang  sahamnya.  Untuk  itu,    Personil  ITM  diminta  agar  melaksanakan  kebijakan  berikut ini:
  2. Melaksanakan   tugas   dengan   kesetiaan dan dapat diandalkan, membuat keputusan    dengan    kejujuran,    kehati-hatian,    kesungguhan    dan    berkeadilan untuk manfaat yang maksimal bagi semua  pemegang saham secara merata.
  3. Melaporkan  kinerja Perusahaan, informasi mengenai  keuangan  dan  akuntansi  serta aspek lainnya tentang bisnis secara akurat dan berkala.
  4. Memberitahukan kepada  pemegang saham baik  aspek  positif  maupun  aspek  negatif tentang  Perusahaan    secara  realistis  dan tepat waktu dengan didukung  informasi dan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Hindari   mengambil   keuntungan   pribadi dengan menggunakan informasi Perusahaan yang  tidak  berada  di  ranah  publik  atau bertindak    yang    dapat    mengakibatkan benturan kepentingan dengan Perusahaan.

4.2. Kebijakan dan Praktek terhadap Karyawan

Personil ITM merupakan sumber daya yang sangat berharga  dan  mereka  memberikan  kontribusi penting  bagi  tercapainya  tujuan  dan  sasaran Perusahaan. Dengan demikan,  sudah merupakan kebijakan  untuk  memperlakukan  Personil  ITM secara berkeadilan dalam segala aspek  termasuk  kesempatan  bekerja,  remunerasi,  promosi  dan pengembangan profesi. Berikut adalah  pedoman yang telah ditetapkan:

  1. Memperlakukan    Personal    ITM    dengan berkeadilan    dan    bermartabat    dengan mempertimbangkan     hak     dan     harkat pribadinya sebagai manusia.
  2. Memberikan remunerasi yang berkeadilan.
  3. Memelihara  lingkungan  kerja  agar  tidak membahayakan  jiwa  karyawan  atau  harta miliknya.
  4. Menerapkan    semua    perjanjian    kerja, imbalan  dan  tindakan  disipliner  dengan itikad    baik    berdasarkan    kompetensi, kemampuan dan kesesuaiannya.
  5. Mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan secara merata  dan berkala.
  6.  Mendengarkan  pendapat  dan  rekomendasi berdasarkan kompetensi profesional  karyawan.
  7. Mematuhi  Undang-Undang,  peraturan  dan ketentuan mengenai ketenagakerjaan.
  8. Menghindari tindakan yang tidak berkeadilan yang dapat mempengaruhi rasa aman karyawan dalam bekerja.
  9. Menyediakan  media  bagi  karyawan  untuk melaporkan keluhan  atas  perlakuan  atau proses yang tidak berkeadilan.

4.3. Kebijakan dan Praktek terhadap Pelanggan

Kepuasan   pelanggan   merupakan   hal   sangat penting   bagi   keberhasilan   Perusahaan,   ITM beritikad   menanggapi   permintaan   pelanggan dengan    efektif    dan    efisien    dan    terus meningkatkannya   secara   kerkesinambungan.  Adapun  kebijakan  dan    pedoman    praktisnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyerahkan  produk  dan  jasa  pelayanan bermutu   yang memenuhi harapan  pelanggan.
  2. Memberikan informasi yang     akurat, memadai dan tepat waktu tentang produk dan   jasa   pelayanan kepada pelanggan tanpa melebih-lebihkannya   yang   dapat menimbulkan    kesalahpahaman    tentang kualitas,  kuantitas  atau  kondisi  produk atau jasa pelayanan dimaksud.
  3. Mematuhi syarat dan ketentuan yang telah disepakati   dengan   pelanggan,   jika   ada permasalahan  yang  timbul,  ITM  diminta segera memberitahukan kepada  pelanggan bersangkutan  dan bersama-sama mencari  jalan keluarnya.
  4. Berhubungan   dengan   pelanggan   secara santun dan efisien.
  5. Memelihara  sistem  dan  proses  di  mana pelanggan  dapat  menyampaikan  keluhan tentang kualitas, kuantitas atau keamanan produk dan  pelayanan ITM, serta kecepatan menanggapi  dan pengiriman.
  6. Melindungi rahasia pelanggan dan menahan diri  dari  penyalahgunaan  rahasia  tersebut untuk  kepentingan  pribadi  ataupun  untuk kepentingan  pihak lain.
  7. Memberikan   nasehat   mengenai   efisiensi penggunaan  produk  dan  pelayanan  ITM untuk manfaat maksimal pelanggan.

4.4. Kebijakan dan Praktek terhadap Mitra Dagang dan/atau Kreditur.

ITM mempunyai kebijakan untuk memperlakukan mitra dagang dan atau krediturnya secara   berkeadilan   dan   seimbang   dengan  mempertimbangkan kepentingan Perusahaan dan demi manfaat timbal balik para pihak. Disamping itu, kebijakan tersebut juga dimaksudkan untuk menghindari keadaan yang  dapat  menimbulkan benturan kepentingan. Diperlukan upaya untuk  mematuhi semua kewajiban yang diperjanjikan, menyediakan  informasi  yang  dapat  dipercaya dan   laporan   yang   akurat,   berunding  tau bernegosiasi untuk pemecahan masalah berlandaskan pedoman berikut ini:

  1. ITM tidak boleh meminta, menerima ataumembayar manfaat yang tidak sepantasnya  kepada   mitra   dagang   dan/atau   pihak krediturnya.
  2. Apabila diketahui telah terjadi permintaan yang  bersifat  korupsi,  bukti  pembayaran palsu atau pembayaran atas manfaat yang tidak  seharusnya  terjadi,   maka  informasi lengkap  harus  diungkapkan  kepada  mitra dagang dan/atau kreditur yang terlibat dan Perusahaan  wajib  bekerja  sama  dengan  pihak  pihak  terkait    untuk  menyelesaikan permasalahan tersebut secara berkeadilan  dan tepat waktu
  3. Perusahaan  harus  mematuhi  semua  syarat dan    kondisi  yang  telah  disepakati  dalam suatu  transaksi.  Dalam  hal  terjadi  kondisi khusus  yang    tidak  dapat  dipenuhi,  makaPerusahaan  akan  memberitahukan  mitra dagang   dan/atau   pihak   kreditur   yang bersangkutan   sebelumnya   dan   mencari penyelesaian    yang  dapat  diterima  para  pihak.

4.5. Kebijakan dan Praktek terhadap Pesaing

ITM  menetapkan      kebijakan      bagaimana memperlakukan pesaing agar  konsisten dengan praktek internasional dan dalam kerangka hukum persaingan usaha.   Pedomannya adalah sebagai berikut :

  1. ITM wajib memperlakukan pesaing dalam kerangka persaingan yang adil.
  2. ITM tidak boleh secara curang ataupun secara tidak sepantasnya mencari informasi rahasia pesaingnya.
  3. ITM tidak  akan  merusak  reputasi  pesaing dengan tuduhan yang keji

4.6. Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan

ITM berkomitmen menjalankan usaha  dengan mengutamakan  keselamatan,  kesehatan  kerja dan keadaan lingkungan yang baik sesuai dengan pedoman berikut ini :

  1. ITM   harus   mematuhi   semua   peraturan perundangan yang berlaku  terkait  dengan keselamatan, kesehatan kerja dan kondisi lingkungan   di   semua   lokasi   di   mana Perusahaan beroperasi.
  2. ITM wajib tetap menjamin bahwa lingkungan kerjanya aman untuk jiwa dan harta benda milik Personil ITM dan kontraktor.
  3. Personil ITM harus berkomitmen dan memberikan dukungan    penuh    untuk melaksanakan    semua    kegiatan    yang bertujuan  mempromosikan  tempat kerja yang aman, kesehatan kerja dan lingkungan yang berkualitas’
  4. ITM    wajib    mengungkapkan    informasi mengenai   kegiatan   operasinya   terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan.

4.7. Tanggung jawab terhadap Komunitas dan Masyarakat

Merupakan kebijakan ITM untuk menjalankan usaha yang berkesinambungan dan memberikan manfaat   terhadap   ekonomi   dan  masyarakat seraya  melindungi   adat-istiadat   dan   tradisi komunitas   di   kokasi   di   mana   Perusahaan melakukan    kegiatan    operasionalnya.    Juga merupakan kebijakan ITM untuk menjadi warga korporat   yang   bertanggung-jawab   mematuhi segala  peraturan  perundangan  dan  ketentuan yang  terkait  dan  memberikan  kontribusi  untuk mengangkat  kualitas hidup secara mandiri atau melalui  kerja sama  dengan pihak berwenang, organisasi swasta dan komunitas setempat. Untuk  mendukung  kebijakan    di  atas,    ITM  secara  teratur  memberikan  kontribusi  berupa kegiatan konstruktif di dalam masyarakat dan  melaksanakan kegiatan yang dapat memperkuat  kesadaran  sosial    dan  menjadikannya    bagian dari budaya ITM.

4.8Tanggapan   Kepada Publik dan Wawancara dengan Media

  1. Direktur Utama PT Indo Tambangraya Megah Tbk bertanggung jawab memberikan wawancara  kepada  media  dan  menjawab pertanyaan  yang  diajukan  para  pemegang saham,  investor,  media  dan  pihak  ketiga lainnya.  Dengan  izin  dari  Direktur  Utama, para  eksekutif  senior  lainnya  juga  dapat memberikan informasi tersebut.
  2. Perusahaan telah menugaskan:

a. Departemen Investor Relations bertugas menangani informasi yang menyangkut keuangan Perusahaan untuk keperluan    para    investor/pemegang saham, pengelola keuangan  dan  analis keuangan.
b. Departemen Corporate Communications bertugas menangani segala hal yang berkaitan dengan media.
c. Departemen   Corporate      Secretary bertugas menangani segala hal berkaitan dengan peraturan  Pasar  Modal  dan  hal administratif pemegang saham.

5. Kepatuhan terhadap  Aturan Perilaku

  1. Adalah kewajiban setiap Personil untuk mematuhi  segala  kebijakan  maupun  praktik yang  diatur  dalam  Aturan  Perilaku  ini.  Aturan ini  tidak  saja  harus  dipatuhi  dengan  sukarela tetapi  juga  setiap  anggota  perusahan  tidak dapat  mengatakan  bahwa  dia  tidak  menyadari  adanya  pedoman  praktek  ini.  Setiap  atasan pada  semua  tingkat  harus  bertanggung  jawab dan  menganggapnya  sebagai    prioritas  untuk memastikan    bawahannya  telah    mempelajari  sungguh-sungguh,  memahami  serta  mematuhi Aturan Perilaku ini.
  2. Kebijakan   maupun   praktek   lainnya      yang berkaitan   dengan   perilaku,   etika   maupun kebiasaan juga dapat diatur    dalam KebijakanPerusahaan,    Peraturan,    Pengumuman    atau standar lainnya.
  3. Personil ITM wajib menyatakan komitmennya setiap tahun dengan menandatangani Pernyataan Komitmen yang terlampir di Lampiran 1.

6.Kebijakan Whistle Blowing

Personil   ITM   memiliki   hak   untuk   melaporkan pelanggaran  hukum  dan  etika  yang  mereka  ketahui untuk  melindungi  kepentingan  ITM  dan  personilnya secara   keseluruhan   atas   pelanggaran   tersebut. Perlindungan  yang  memadai  untuk  pelapor  dengan itikad  baik  dalam  bentuk  perlindungan  kerahasiaan identitas pelapor, informasi  yang dilaporkan, perlindungan atas kemungkinan retaliasi dan jaminan kerja.  Pelanggaran  yang  diketahui  tersebut  dapat dilaporkan kepada Whistle Blowing Center yang dapat diakses di www.iwbcitmg.com.

 

 

7.Revisi Aturan Perilaku

ITM memiliki kebijakan untuk selalu memperbaharui Aturan  Perilaku  untuk  memastikan  kesesuaiannya dan  kecukupannya  terhadap  praktik  internasional terbaik.

 

8.Keluhan  dan Pertanyaan

Sekretariat  Komite  Tata Kelola Perusahaan, Nominasi dan  Kompensasi  akan  melayani  setiap  pertanyaan dan  klarifikasi  yang  diperlukan  berkenaan  dengan  Aturan Perilaku, juga sebagai titik penghubung untuk pengaduan  tentang  Aturan  Perilaku,  yang    dapat disampaikan ke alamat berikut ini:

Dengan surat:

Sekretariat    Komite  Tata  Kelola  Perusahaan, Nominasi dan Kompensasi:

PT Indo Tambangraya Megah Tbk

Pondok Indah Office Tower III, 3rd Floor

Jl. Sultan Iskandar Muda Pondok Indah Kav. V-TA

Jakarta Selatan 12310

Dengan e-mail:

grievance@itmg.co.id

Semua  komunikasi  diperlakukan  secara  berkeadilan  dan dijamin kerahasiaannya.

Unduh Attachment - File PDF 285.26KB