Dewan Komisaris

Tugas & Tanggung Jawab

Dewan Komisaris memikul tanggung jawab mengawasi dan memberi saran kepada Direksi dalam pengelolaan dan strategi Perusahaan termasuk penerapan prinsip GCG. Tugas dan tanggung jawab utama Dewan Komisaris ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan dan selanjutnya dirinci dalam 21 item yang disebutkan pada Kebijakan GCG Perusahaan, termasuk antara lain penentuan rasio hutang terhadap ekuitas. Dalam melaksanakan, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit & Pemantauan Resiko dan Komite Pembangunan Berkelanjutan (SD), GCG, Nominasi & Kompensasi.

Komposisi

Dewan Komisaris terdiri dari tujuh anggota yang mana dua diantaranya merupakan Komisaris Independen. Masa bakti dari anggota Dewan Komisaris saat ini akan berakhir pada Rapat Umum pemegang Saham Tahunan di tahun 2019.
 

Hubungan Afiliasi

Hubungan Afiliasi antara Anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham Utama atau Pengendali Perusahaan adalah sebagai berikut:

Board of Commissioners
Prof. DR. Djisman S. Simandjuntak
Prof. DR. Djisman S. Simandjuntak
Komisaris Utama & Independen 
Rudijanto Boentoro
Mahyudin Lubis
Mahyudin Lubis
Komisaris 
Fredi Chandra
Fredi Chandra
Komisaris 
Prof. Djoko Wintoro, PhD
Prof. Djoko Wintoro, PhD
Komisaris Independen 
Somsak Sithinamsuwan

Prof. DR. Djisman S. Simandjuntak

Komisaris Utama & Independen

Warga Negara Indonesia.

Prof. DR. Djisman S. Simandjuntak diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan pada 27 Juli 2007. Beliau memulai karir sebagai auditor di SGV-Utomo tahun 1973. Tahun 1984 beliau menjabat sebagai Kepala Departemen Economics Affairs untuk Center for Strategic International Studies (CSIS) dan tahun 1999 diangkat sebagai Chairman of the Board of Trustees untuk Centre for Strategic International Studies di Jakarta. Beliau saat ini juga menjabat sebagai Rektor Universitas Prasetiya Mulya  di Jakarta. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katholik Parahyangan, Bandung tahun 1973 dan Diploma dalam Monetary Economic and Public Finance dari Universitas Cologne tahun 1979 dan PhD Ekonomi juga dari universitas yang sama pada tahun 1983.

Somsak Sithinamsuwan

Somruedee Chaimongkol

Komisaris

Warga Negara Thailand.

Somruedee Chaimongkol diangkat sebagai Komisaris Perusahaan pada 27 Juli 2007. Bergabung dengan Banpu pada 1983, dimana beliau juga memegang jabatan penting sebagai Chief Financial Officer sejak 1999. Beliau mengawali karir di Banpu dan telah memiliki pengalaman 24 tahun di bidang industri pertambangan. Saat ini menjabat sebagai Direktur di beberapa perusahaan Banpu, dan Chairman of Banpu Provident Fund, juga menjadi anggota Banpu Risk Management Committee dan anggota Commodity Risk Management Committee. Beliau meraih gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Bangkok, Thailand pada tahun 1983 dan lulus dari Harvard Business School, Boston, USA, untuk program Global Leadership pada tahun 2000.

Somsak Sithinamsuwan

Rudijanto Boentoro

Komisaris

Warga Negara Indonesia.

Rudijanto Boentoro diangkat sebagai Komisaris Perusahaan pada tanggal 29 Maret 2010. Sebelum menjabat sebagai Komisaris, beliau menghabiskan sebagian besar karirnya di bidang Pemasaran dari group sejak tahun 1986, hingga diangkat sebagai Direktur dari tahun 1994 hingga tahun 2009. Beliau sebelumnya juga memegang jabatan sebagai Senior Vice President Marketing untuk kawasan Jepang, Eropa, Amerika Selatan dan Utara. Beliau adalah Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Katholik Parahyangan Bandung tahun 1981.

Somsak Sithinamsuwan

Mahyudin Lubis

Komisaris

Warga Negara Indonesia.

Lahir pada 20 Januari 1952, Bapak Mahyudin Lubis diangkat sebagai Komisaris Perusahaan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2017. Beliau memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman di industri pertambangan, memulai karirnya di sektor pertambangan sejak tahun 1989 di Departemen Pertambangan dan Energi, Republik Indonesia dan setelah pensiun pada tahun 2006, beliau bergabung dengan Perusahaan sebagai Advisor, kemudian pada tahun 2007 beliau diangkat sebagai Direktur di PT Indo Tambangraya Megah Tbk dan PT Kitadin hingga tahun 2012. pada tahun 2012 ia kembali ditunjuk sebagai Advisor sampai tahun 2015 dan sejak tahun 2016, ia diangkat sebagai Komisaris Utama dan Komisaris
Anak perusahaan. Dia lulus dari fakultas Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung pada tahun 1977

Somsak Sithinamsuwan

Fredi Chandra

Komisaris

Warga Negara Indonesia.

Lahir pada 7 Februari 1964, Bapak Fredi Chandra diangkat sebagai Komisaris Perusahaan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2017. Beliau telah memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman kerja di berbagai sektor. Beliau telah bergabung dengan Grup sejak tahun 2001 sampai dengan tahun 2007 sebagai Komisaris. Setelah itu beliau berkiprah diluar group Perusahaan dan menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris di beberapa perusahaan. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Universitas Tarumanegara pada tahun 1988 dan Magister Akuntansi Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 1993.

Somsak Sithinamsuwan

Prof. Djoko Wintoro, PhD

Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia.

Lahir pada 28 April 1953, Prof. Djoko Wintoro, PhD diangkat sebagai Komisaris Independen Perusahaan oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada 23 Maret 2018. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Operasi, Keuangan, Akuntansi & Manajemen Sumber Daya Manusia di Universitas Prasetiya Mulya Jakarta. Ia memperoleh gelar Master of Commerce dari Wollongong University Australia pada tahun 1991 dan gelar PhD of Behavioral Finance di universitas yang sama pada tahun 2000.

Somsak Sithinamsuwan

Somsak Sithinamsuwan

Komisaris

Warga Negara Thailand.

Lahir pada 14 April 1960, Somsak Sithinamsuwan ditunjuk sebagai Komisaris Perusahaan oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada 23 Maret 2018. Beliau telah memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman kerja di sektor pertambangan. Saat ini, ia juga menjabat sebagai Asisten Chief Operation Officer (Coal Business) di Banpu Public Company Ltd. Beliau menyelesaikan Bachelor of Science di bidang Mining and Metallurgical Engineering dari Prince of Songkhla University Thailand. Beliau memperoleh gelar Master di bidang Public Administartion, bidang Policy & Project Management dari National Institute of Development Administration (NIDA) pada tahun 1997.