Keterlibatan Masyarakat

Partisipasi masyarakat dalam program biodiversitas adalah poin yang sangat strategis. Masyarakat didorong untuk terlibat dalam upaya konservasi dan ditautkan dengan program kerja perusahaan sehingga manfaat langsung maupun ikutan dapat mereka rasakan.

Dalam pandangan yang lebih jauh, dengan adanya umur tambang yang terbatas, membantu masyarakat membekali diri dengan cara berpikir yang tepat terhadap keberadaan hutan dan pemanfaatannya, dapat menjadi modal penting manakala masa tutup tambang telah sampai.

Pada tahap mula, BEK dan IMM telah memberikan pelatihan budidaya tanaman pionir lokal, pengembangan tanaman anggrek dan pendidikan konservasi bagi generasi muda.

Keterlibatan masyarakat dalam program ini penting karena pada akhirnya akan memberikan manfaat jangka panjang, sehingga mereka akan tetap dapat mengakses sumber daya alam saat operasi perusahaan berhenti. Ditilik dari visi bisnis, keberlanjutan usaha perusahaan pun dapat berlangsung karena ditopang oleh keberadaan masyarakat yang memiliki kesadaran dan kesempatan hidup yang memadai.