Pengembangan Masyarakat

Di ranah tanggung jawab sosial, PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITM) mempunyai visi untuk menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat melalui kemitraan, kerja sama yang berkelanjutan dalam inisiatif memberdayakan masyarakat menuju kemandirian.

Adapun misi pengembangan masyarakat ITM adalah :

Kebijakan pengembangan masyarakat ITM dijiwai oleh etos Banpu Spirit, yaitu inovasi (menciptakan dan mengembangkan masyarakat mandiri), integritas (komitmen terhadap masyarakat), peduli (mendukung tanpa melihat perbedaan), dan sinergi (kerjasama kemitraan antara masyarakat, pemerintah daerah dan perusahaan).

Program pengembangan masyarakat ITM merupakan manisfestasi etos kerja yang melampaui kepatuhan.

Berbasis aspirasi masyarakat, ITM berupaya membuat program pemberdayaan masyarakat yang efektif. Pertama-tama masyarakat di desa binaan melakukan pemetaan sosial yang hasilnya kemudian dijadikan sebagai dasar identifikasi oleh Community Consultative Committee (CCC) untuk merancang dan merealisasikan program-program pengembangan masyarakat. CCC ada di setiap desa binaan dan beranggotakan perwakilan masyarakat setempat, wakil  perusahaan, dan wakil pemerintah daerah setempat.  Berikut adalah ilustrasi pola pelaksanaan kegiatan pengembangan masyarakat ITM.

Program permberdayaan ITM terdiri atas lima bidang program utama, yaitu pengembangan ekonomi, pengembangan pendidikan, pengembangan kesehatan, pengembangan sosial budaya, dan pengembangan lingkungan. Salah satu pengejawantahan program-program pemberdayaan tersebut adalah pelaksanaan pelbagai proyek infrastruktur.

Semua kegiatan ini merupakan tanggung jawab ITM kepada masyarakat sekitar sebagai peran serta dalam serta mempersiapkan masyarakat menuju kemandirian.