Manajemen Lingkungan

ITM sepenuhnya memenuhi persyaratan kepatuhan menurut peraturan dan standar terkait dengan lingkungan. Dijiwai oleh semangat menjadi warga dunia usaha yang baik, Perusahaan berupaya melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

Penilaian lingkungan dilakukan secara berkala baik oleh pihak eksternal maupun internal untukmengidentifikasi setiap potensi temuan indikasi ketidakpatuhan sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan dan perbaikan yang sesuai.

Seluruh anak perusahaan ITM telah memenuhi persyaratan kepatuhan penilaian PROPER sebagaimana yang dipersayaratkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup tentang ketaatan AMDAL, pengelolaan kualitas udara, pengelolaan kualitas air, pengendalian limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan pengendalian Lahan pertambangan. Adapun untuk hasil penilaian di tingkat daerah, seluruh anak perusahaan ITM di Provinsi Kalimantan Timur telah memenuhi standar kepatuhan di dalam penilaian PROPER Daerah.
 

Memahami bahwa kegiatan penambangan mempunyai dampak terhadap lingkungan, ITM telah menetapkan suatu proses untuk melaksanakan reklamasi lahan bekas tambang yang telah direncanakan sebelum tahap operasi dan berlangsung selama tahap operasional hingga tahap penutupan tambang. Perusahaan telah menyiapkan dokumen Rencana Reklamasi Tambang dan dokumen Rencana Penutupan Tambang yang merinci rencana dan aktivitas yang harus dilakukan. Dokumen telah diserahkan kepada pemerintah sebagai rencana pelaksanaan rehabilitasi dan penutupan tambang.