Manajemen Mutu

Saat ini ITM telah memperoleh sertifikat Mutu ISO 9001: 2008 untuk tiga tambang, yaitu PT Indominco Mandiri (2003), PT Kitadin (Tandung Mayang) (2005), dan PT Jorong Barutama Greston (2008).

ITM meningkatkan upaya untuk memperoleh sertifikasi TPM dengan fokus pada peningkatan sistem pemeliharaan peralatan produksi. Pada bulan November 2010, PT Indominco Mandiri memperoleh CTPM Australasia Level 2, sedangkan PT Kitadin (Tandung Mayang) memperoleh peningkatan ke Level 3. Ini menunjukkan bahwa ITM adalah perusahaan yang efisien dan produktif. Tambang-tambang ITM yang lain pun telah menerapkan kerangka manajemen sistem sebagai persiapan.

ITM juga menyadari bahwa inovasi merupakan kunci untuk perbaikan yang berkesinambungan. Karyawan di semua tingkat didorong untuk terlibat dalam kegiatan mutu dan berkontribusi terhadap efisiensi dan efektivitas yang lebih tinggi melalui sistem kegiatan perbaikan terpadu yang di dalamnya  semua proposal kreatif dan inovatif baik dari individu atau tim dapat diakui dan dihargai.

Untuk memacu ide-ide baru dan semangat inovasi, sejak tahun 2009 Program KOMPAK (Kelompok Peningkatan Aktifitas Kerja) dikembangkan untuk memacu inovasi karyawan secara berkelompok.  Tim KOMPAK ITM mendapatkan pelbagai penghargaan dalam pelbagai konvensi mutu nasional maupun mancanegara. Keunggulan kinerja ITM dalam hal manajemen mutu telah diakui dengan diperolehnya sejumlah penghargaan nasional maupun internasional