Background and Goals

Latar Belakang

 

Keberadaan spesies-spesies tumbuhan di dalam hutan hujan tropis sangat penting bagi ekosistem di sekitarnya serta keberlanjutan kehidupan manusia di  dunia.
Kelestarian tumbuhan hutan di lokasi kegiatan mulai dari pra tambang sedapat mungkin harus diselamatkan dan dikonservasi serta dikembalikan pada habitatnya pada saat masa pasca tambang.
Kebijakan Perusahaan yang menekankan aspek Pembangunan Berkelanjutan dalam praktik operasionalnya dan ketentuan peraturan perundangan yang harus dipenuhi.

 

Tujuan

 

Memenuhi ketentuan peratutan perundangan yang berlaku dengan menerapkan model reklamasi pasca tambang berbasis keanekaragaman hayati.
Mengkonservasi spesies tanaman local baik in situ maupun ex situ di nursery BKT Kebun Raya Purwodadi. Yang selanjutnya dikembangkan dan dikembalikan sebagai tanaman dalam proses revegetasi lahan bekas tambang.
Mengembangkan partisipasi masyarakat dalam program ini dengan memberikan pelatihan budidaya tanaman lokal, pengembangan tanaman anggrek dan pendidikan konservasi bagi generasi muda baik di sekitar maupun di luar lokasi tambang.